Selasa, 03 September 2013

Who Is Macbee



Macbee adalah salah satu rapper yang berasal dari ujung barat Indonesia, Banda Aceh. Rapper yang bernama asli Ilman Subhana Putra Macgriby ini mengartikan nama Macbee itu sendiri adalah singkatan dari nama akhirnya yaitu macgriby

Macbee mengawali karir hip hopnya diawali tahun 2010, saat itu macbee masih buta dengan bagaimana cara ngerap ataupun ngebeat, namun pada saat itu Macbee bertemu dengan Mamz (basir) yang kebetulan adalah teman sekelas di SMA nya, sehingga mereka pun mulai sharing-sharing tentang hip hop.

Namun akhirnya pada satu titik pembicaraan, Mamz yang sudah terlebih dahulu terjun ke dunia hip hop, mengajak Macbee untuk terjun ke dunia hip hop, mengajak Macbee untuk belajar nge-rap dan membawanya untuk bertemu dengan Ami (beatmaker, rapper, indie producer). Dan saat itu juga Ami, Mamz dan Macbee bertemu dirumah Ami untuk mendiskusikan masalah ini.

Setelah banyak bicara tentang pendapat-pendapat mereka bertiga mencari alat-alat untuk memulai recording (saat itu studio kecil-kecilan Ami dibongkar). Setelah berjuang dengan susah payah, akhirnya perjuangan mereka berbuah manis, alat-alat yang diperlukan untuk recording sudah di dapat, walaupun saat itu yang didapat hanyalah alat-alat yang super duper sederhana untuk membuat sebuah studio rekaman.

Namun semangat mereka tak kendur, dimulailah pemasangan alat-alat tersebut dikamar milik Macbee, dengan kualitas rekaman seadanya, akhirnya terciptalah sebuah lagu yang menceritakan tentang hal-hal yang mereka alami saat mencari-cari alat untuk studio yaitu lagu yang judulnya stress otak.

Setelah lumayan booming dikalangan teman-teman mereka sendiri, akhirnya Macbee dan Mamz berniat untuk membuat sebuah crew hip hop yang bernama VOODOO (baca: vudu) dan lagu yang tercipta saat itu adalah We Gonna Do.

Seiring berjalannya waktu tercipta komunitas kecil mereka yang hanya terdiri dari 4 orang saja (Macbee, Mamz, Ami, LiL_D), komunitas itu bernama minus one dan pada saat itu tercipta lagi karya dari mereka di antaranya adalah ; Tak selamanya (Ami, Macbee, LiL_D), Goblok (Ami, Macbee).

Sekian lama minus one berjalan, namun pada penghujung Agustus 2010. Komunitas kecil ini harus bubar karena terjadi masalah internal, hal ini sempat membuat langkah Macbee berhenti sesaat dalam karirnya di hip hop, dan pada saat juga Macbee bertemu lagi dengan teman lamanya di smp yang juga seorang Rapper, bheibeigh A.ice, pada saat itu Macbee mengajak A.ice untuk membuat sebuah lagu, namun karena kesibukan masing-masing lagu yang direncanakan tak kunjung direkam. Akhirnya pada satu kesempatan Macbee duduk bertemu dengan Jeri untuk mendiskusikan bagaimana kelanjutan karirnya di hip hop, dan pada saat itu juga Macbee diajak bergabung dengan komunitas hip hop di Nanggroe Aceh Darussalam, Hip Hop Nad Syndicate (HNS).

Dengan bergabungnya macbee di HNS, karir nya yang sempat berhentipun mulai berlanjut lagi dengan bantuan dari teman-teman HNS, dan pada saat bergabung dengan HNS lagu pertama yang diciptakannya adalah tentang kamu, lagu solonya berkisah tentang cinta.

Seiring berjalannya waktu Macbee pun mulai belajar segala sesuatu tentang hip hop, mulai dari beatmaking, recording, mixing, performing dan lain-lainnya. HNS sangat lah membantu dalam jalan Macbee menapaki karir di hip hop. Sejak bergabung dengan HNS, sudah cukup banyak lagu yang diciptakan Macbee, di antaranya seperti; kisah kita sahabat, forgive me for love (Macbee ft Celo & LiL_D), tak ada batas (Macbee ft Lilboy) dsb.

Pada saat itu Macbee, Jeri, On Out, LiL Abee, Kibou, Lilboy, Celo, LiL_D, Rama D’Flow, Bboy Nanda, Bboy Dekdi, sepakat untuk membuat sebuah nama untuk perkumpulan rapper-rapper ataupun anak hip hop yang sering 'nongkrong' di home studio milik Macbee, nama yang diberikan adalah junk'D Familly, nama yang aneh mungkin, namun analogi dari nama tersebut sangatlah unik karena junk'D itu adalah singkatan dari JARANG MANDI (hahah), nama itu kami berikan karena kami benar-benar jarang mandi saat waktunya rekaman.

Pada saat itu pun Macbee berencana untuk membuat sebuah crew hip hop namun rancangan untuk bagaimana dan seperti apa crew hip hop yang dibuat Macbee sendiri belum tau rancangannya, lalu Macbee berdiskusi dengan Jeri, yang pada saat itu sudah memiliki crew hip hop yang bernama APP MC (Jeri, Celo, Kie Sem) yang kebetulan saat itu sedang ditinggal sementara oleh personilnya Kie Sem (pindah ke jakarta untuk kuliah) dan akhirnya karena kesamaan visi dan misi dalam memahami hip hop Macbee diajak oleh Jeri untuk bergabung dalam crew Rap nya APP Mc.

Tanpa pikir panjang Macbee pun mengambil kesempatan ini, dari bulan kebulan tak disangka APP Mc lumayan cukup banyak mendapat tawaran manggung dibeberapa tempat dan saat itu pula APP Mc mendapat tawaran untuk membuat Jingle Anniversary untuk Oz radio Banda Aceh. Terciptalah lagu pertama APP Mc dengan Macbee juga ikut didalamnya dan tak lama setelah itu Macbee dan APP Mc nya membuat lagi sebuah single yang berjudul Harapan (with video clip) alhamdulillah lagu tersebut juga di respon dengan baik oleh penikmat musik Aceh.

Hingga sekarang ini Macbee sudah berdomisili di Jakarta untuk melanjutkan pendidikannya tapi hal ini tidak membuat Macbee berhenti di hip hop karena Jeri, Kie Sem dan Celo kini juga sudah berdomisili di Jakarta. Jadi saat ini APP Mc sudah berpindah dari banda aceh ke Jakarta.

1 komentar :

Anonim mengatakan...

Instrumentnya lagu Macbee kisah kita sahabat ada ga bro ?