Selasa, 24 Desember 2013

Story Ceha Muis (Rapper Aceh)



Siapa yang tidak kenal dengan nama Ceha Muis di Aceh?.

Rapper yang mengawali karirnya di dunia hip-hop/rnb ini dikenal hampir semua kalangan remaja di tanah rencong serambi mekkah. Terlahir ke dunia dengan tiga bersaudara dan keluarga dengan golongan strata sederhana keatas membuat Ceha Muis mengerti arti cinta dan kasih sayang keluarga. Tidak heran jika Ceha Muis selalu rendah hati jika menghadapi orang dibawahnya.

Rapper bernama lengkap Chairul Huda ini mengawali dunia tarik suara pada pertenggahan tahun 2008. Pertama kali memasuki dunia hip-hop Ceha Muis tidak langsung menjadi rapper seperti yang sekarang, bahkan sebelumnya Ceha Muis sempat menjadi beatboxer di tahun 2008-an.

Memasuki tahun 2009-an, Ceha Muis mulai membentuk crew dengan nama "Atjehsoulme". Atjehsoulme sendiri pernah bertengger di chart no 1 indonesia versi Reverbnation pada tahun 2008-2009. Dikarenakan ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, atjehsoulme kemudian pecah. Dan lagu-lagu mareka dihapus dan tidak diizinkan untuk diedarkan oleh kawan-kawan dalam satu crewnya dulu.

Memasuki pertengahan tahun 2010, rapper yang dikenal dengan nama panggung Ceha Muis ini vakum di dunia rap dikarenakan berbagai alasan.

Baru di awal tahun 2011, Ceha Muis mulai mengeluarkan single baru dengan judul Tak Tepat Waktu (remix) dan Kuthiding Untuk Aceh Ku (remix). Untuk kedua single ini Ceha Muis tidak melanjutkan penggarapan. Sehingga track yang beredar dimasyarakat masih berstatus sample dengan kualitas low mixing.

Tepat di akhir tahun 2011-an Ceha Muis mulai membuat track dengan judul "Cerita Pidie". Dalam proses pembuatan lagu cerita pidie, Ceha Muis menggandeng rapper ternama aceh Jeri Taufik Lizam (Jeri App Mc).

Nah lagu cerita pidie, di versi pertama ini Ceha Muis berkolaborasi dengan Runner-up Miss Wolrd Muslimah asal Aceh Evawani Efliza yang sekarang tinggal di Kanada. di versi kedua, cerita pidie akan dibawakan sendiri tanpa featuring oleh Ceha Muis. Lagu ini sendiri, dibuat dalam 2 bahasa yaitu bahasa aceh dan bahasa indonesia. Inti dari lagu ini adalah dedikasi Ceha Muis (pemuda dalam perantauan untuk tanah kelahirannya Aceh pidie).

Sekarang Ceha Muis bernaung dibawah Nanggroe Artis Management dan Pidie Hip-Hop. Pidie Hip-Hop merupakan kemunitas hip-hop pertama di aceh pidie dan pidie jaya dengan rapper pertama Ceha Muis. Tak heran jika nama Ceha Muis berkibar di tanah pidie. Sekarang di pidie hip-hop cuma di dominasi oleh rapper dengan kualitas diatas rata-rata. Sebutkan saja, Ceha Muis dan Rival.

Untuk sekarang, Ceha Muis masih mempersiapkan single-single baru untuk di kelularkan di tahun 2014 dengan jumlah 8 sampai 10 lagu. Dalam lagu terbarunya nanti, kemungkinan Ceha Muis akan berkalaborasi dengan, rapper, rocker, penyanyi solo dan musisi dari berbagai daerah misalnya aceh, medan, padang, jogjakarta, maluku utara, dan papua. Menurut jawaban dari pertanyaan kami tentang video klip, Ceha Muis akan mengeluarkan video klip single "Cerita Pidie" pada awal tahun 2014-an.

Tidak ada komentar :