Tuesday, 1 January 2013

Mimpiku - Menjadi Ahli Teknik Informatika



Siapa yang pengen jadi programmer ato designer web? Wah, kamu harus kuliah di jurusan Teknik Informatika loh. Pengen tau kalo kerja jadi web design tuh kayak gimana seh? Terus gimana caranya biar kita bisa dapet tawaran kerja lebih cepat sebelum lulus? Yuk kita baca pengalaman kak Michael Stefanus yang jadi IT Planet Pelajar lulusan STIKI ( Sekolah Tinggi ilmu Komputer Indonesia ). Cowok usia 26 tahun ini bakal bagi - bagi tips gimana caranya biar bisa dapet tawaran job sebelum lulus, mau kan?

Kenapa tertarik kuliah di Teknik Informatika? Mungkin udah hobi dari sejak kecil. Waktu kecil aku suka banget yang namanya maen game. Mulai dari game console Atari, Nintendo, Supernintendo, Playstation sampai akhirnya sama ortu dibelikan computer pada taun 1995. Itulah asal mulanya menyukai dunia komputer. Sampai udah kuliah sekarang jadi suka yang namanya komputer, makanya masuk jurusan TI lebih cenderung mempelajari komputer, karena percepatan kecanggihan komputer tuh selalu up to date.

Memilih jurusan Teknik Informatika sebenernya pengen punya mimpi apa? impianku sebenernya ingin menjadi police cyber crime dengan menjadi hacker dulu untuk mengantisipasi serangan - serangan dari cracker ( musuh hacker ) dari luar. Dulu waktu kuliah, pelajaran apa yang sulit & apa yang gampang menurutmu? Hehehe menurutku yang paling sulit tuh statistika, paling gampang pelajaran jaringan internet ( jarkom ).



Sekarang kerja dimana? Job desk-nya kayak apa? Sekarang kerja di http://www.planetpelajar.com/ sebagai divisi IT. Dan sampai sekarang juga kerja di IT Concept solution sebagai webmaster ( side job ) dan ini hasil produk yang telah di jual diberbagai negara seperti http://sizzlencuisine.com.secure16.websitecontrols.com/spokane_sizzlen_magazine_blog_restaurants.aspx, http://d11054175.a145.equsolutions.net/http://www.campergids.nl/, http://interforex.net/default.aspxhttp://0311aa8.netsolhost.com/solutions.aspx, http://accentcentre.com.au/ untuk lokal http://www.diasporasejahtera.com/ sama website planet pelajar ini dan masi banyak lagi lisensi yang udah terjual lebih dari 1000. Selain itu aku juga mengatur lalu lintas internet, mengamankan serangan virus, spyware, spam dari pihak - pihak yang nggak di kenal. Bedanya ama web programer kalo tugas mereka hanya membuat kerangka dasar website.

Sarannya untuk teman - teman yang masuk jurusan Teknik Informatika biar cepat dapet kerja / cepet dapet tawaran job sebelum lulus tuh apa'an? Pokoknya inget 3 hal penting ini :

Pastikan yang utama dari terutama adalah memiliki keinginan dan kemauan juga hobi ( kesenangan ). Kalo merasa bukan bidangnya di bagian Teknik Informatika, jangan memaksakan diri karena gengsi. Ambil bidang Teknik Informatika yang sesuai dengan kegemaran ( spesifik ) misal : desain grafis, jaringan internet, programmer, E commerce, ilmu computer jangan sampe salah pilih.

Kalau mau cepat kerja ambil jurusan D3 aja selama 3,5 tahun, terus kerja. Kalau mau melanjutkan ke S1 juga bisa, jangan merasa karena gengsi karena title S1. Berdasarkan pengalaman, lulusan D3 lebih cepat dalam mencari kerja, dikarenakan pelajaran dalam kuliah D3 lebih kearah ilmu praktek daripada S1 lebih banyak ilmu teorinya sehingga waktu yang terbuang cukup banyak.

Oke guys udah dapet tipsnya dari kak Michael kan? Yang terpenting neh, kalo pengen dapet tawaran job banyak meski belom lulus, kamu harus punya banyak koneksi / jaringan. So, bergaulah dengan banyak orang di segala komunitas. Oke deh met meraih mimpi yaaaah.

ANDA TAKKAN TAHU APA YANG TAK DAPAT ANDA LAKUKAN,
SAMPAI ANDA MENCOBANYA.
( HENRY JAMES )

1 comment :

Anonymous said...

mas, boleh tau pengalaman kerja di ITConcept kyk gmn? nyaman gak mas? waktu bnyk terkuras ga? hehe...maaf bnyk tanya, cz sy mau interview dsanna.