Tuesday, 1 January 2013

STMIK Mahakarya Teknik Informatika : Bisa Robot, Web, Messenger



Kamu suka utak - atik Komputer? Tertarik pengen bikin web dan program Messenger? Wah... kayaknya kamu bisa masuk jurusan Teknik Informatika deh. Tapi awas salah jurusan masuk Ilmu Komputer loh. Meski sama - sama kerjanya pake komputer, antara Ilmu Komputer dan Teknik Informatika tuh beda loh. Pengen tau bedanya dimana? Yuk belajar tentang kedua ilmu ini.

Beda Ilmu Komputer & Teknik Informatika
Keduanya emang mempelajari tentang komputer, baik dari software ( program - program ) atau hardware ( komputer secara fisik ). Sedangkan Teknik Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang teknologi yang mengolah informasi yang ada. Banyak yang bilang, Ilmu komputer gak sama ama TI.


Tapi ada juga yang bilang sama. Bedanya memang tipis banget. Kalo TI itu lebih ke aplikatif, artinya lebih ke yang praktis - praktis. Misal, teknologi komputer yang terbaru, terus bahasa pemrograman yang up to date, tapi gak terlalu mempelajari science-nya. Nah, Ilkom justru lebih ke science. Tapi pas kuliah, banyak kok mata kuliahnya yang sama.

Nah, untuk masuk jurusan ini, kamu ntar dites dasar matematika, logika, ama Bahasa Inggris. Tiga ini paling banyak soalnya. Matematika paling penting, coz bahasa pemrograman komputer itu matematika semua. Kalo kamu tertarik belajar komputer, tapi nightmare ama matematika, wah harus berubah tuh. Kalo gak, ntar pas kuliah malah mumet sendiri lho...

Kurikulum Teknik Informatika
Jadi, memang ilmunya luaaaaasss banget. Cuman pada praktik kuliahnya, banyak banget mata kuliah yang sama. So, buat kamu yang ngambil jurusan TI, kamu bakal belajar tentang ini nih :
· Jaringan komunikasi
Mata kuliah ini ngajarin kamu tentang jaringan internet and seluk beluknya. Kamu ntar tau gimana buat jaringan internet yang baik dan efisien. So guys, kita mah pake internet gak pernah mikir kan, gimana ya jaringannya?! Nah, di sinilah kita diajar rinci tentang hal tersebut.

· Pembuat dan Pengendalian robot
Yang ini lebih canggih. Kita diajarkan buat program untuk robot, ato minimal tau lah gimana sih programin robot yang baik, terus kalo ntar error mesti diapain. Memang kelihatan science banget ya. Makanya, kamu harus bener - bener kuat banget dasar matematikanya. Kalo gak, bermasalah deh ngikutin kuliah.

· Membuat program untuk blog, dan messenger-an
Kita orang muda pasti familiar banget tuh ama friendster ato sekarang lagi trend facebook. Kita sih tinggal klik http://www.friendster.com/ langsung keluar. Padahal, ini ada yang programin loh, nggak segampang itu aja ada di internet. Nah, mata kuliah ini ngajarin, gimana kita buat program blog and messenger-an yang asyik. Kayak facebook itu lho guys. Denger - denger sih, yang buat programnya masih muda banget end sekarang udah jadi multi milioner. Hebat, kan?

Pengen kuliah dimana?
Pelajaran tentang kurikulum TI dan Ilmu Komputer udah T-More beri tau. Sekarang, tinggal search univ or sekolah tinggi mana yang ada jurusan TI dan Ilmu Komputernya. Kamu tinggal pilih aja sesuai tempat tinggalmu or pengennya kul dimana. Perguruan Tinggi Negeri bisa, swasta juga ok.

Dosen TI : Masuk TI Harus Pinter Matematika!
Salah satu dosen Teknik Informatika Universitas Janabadra Yogyakarta. Abba Suganda Girsang, ST, M.Si kasi tips penting buat kamu yang mau masuk jurusan TI, yang mesti dipersiapkan ya jelas matematika. Ini gak bisa ditawar. Kalo matematika kita gak kuat, ntar susah pas kuliah. Karna ilmu komputer itu, dasarnya semua matematika. Bahasa pemrograman juga dasarnya matematika. Jadi, matematika itu yang harus disiapkan. Kendala perkembangan IT di negara kita sih karena infrastruktur dan SDM. Kalo pemerintah kita lebih concern dengan IT, pasti kita cepat mengalami kemajuan di bidang ini. Prospek kerja sangat cerah. Lulusan TI sejauh ini gak ada yang nganggur. Sekarang ini, banyak perusahaan - perusahaan yang butuh ahli komputer. Apalagi di Indonesia Timur. Lahan kerjanya juga luas banget. Kita bisa jadi programmer. Bisa juga jadi pengajar, ato masuk ke perusahaan - perusahaan. Pokoknya, semua kantor yang pake komputer, kita bisa kerja di situ. Intinya, kalo masuk jurusan ini kamu ga bakalan dibilang gaptek. Soalnya, kamu bener - bener dibuat ngerti teknologi end komputer.

IMAJINASI LEBIH PENTING DARIPADA PENGETAHUAN.
( ALBERT EINSTEIN )

No comments :